Thursday, October 17, 2013

Dari Belanda Sampai Ragunan

Berawal dari twitter sang idola yang nge-share link The History of Indonesian Railways di Erasmus Huis, saya yang lagi ngawang sama skripsi langsung tergoda dateng ke Pusat Budaya Belanda itu. Udah lama juga nggak ke sana. Tapi ada satu masalah serius yang harus diselesain dulu sebelum pergi ke sana, yaitu: sama siapa...

Dengan serangan skripsi dan laporan magang yang lagi diderita banyak mahasiswa semester tujuh, pergi sama temen-temen seperjuangan nampaknya agak susah. Nggak mau ganggu mereka juga, sih.

Lalu, tiba-tiba muka Erika langsung muncul dengan sempurna di kepala. Yak, bener juga, siapa lagi coba,  temen saya yang pernah pengin banget ke St. Gambir cuma pengin liat kereta? Emang cuma Erika seorang. Si Google Berjalan ini emang suka banget sama kereta. Langsung lah saya ajak. Dan dia mau. Yeay. 


Menelusuri Rel Kereta ke Era Hindia Belanda

Setelah nunggu-nunggu waktu yang pas, akhirnya jadi juga pergi ke sana. Terus yang lebih menyenangkannya lagi, ternyata Cesi -yang selalu heboh- juga mau dan bisa ikut ke sana. Alhamdulillah :")

Di sana, saya dan Erika ternyata sampe duluan. Sambil nunggu Cesi yang kejebak macet, saya ngobrol-ngobrol panjang lebar sama Erika, yang seperti biasa, langsung jadi tau ini-itu karena Erika yang update banget tentang dunia ini.

Begitu Cesi dateng, kami bertiga masuk ke ruang pameran. Saya langsung tergoda liat puluhan foto stasiun dan kereta zaman dulu. Ada foto yang diambil di tahun 1880 segala. Wow. Ada satu foto yang lucu banget. Tentara KNIL yang naik lori yang jadinya kayak naik sepeda di atas rel kereta.

Ini dia!
Gerbong first class di zamannya :O
Banyak diorama keren dan foto-foto yang 'wah' di sini. Saya jadi tau sedikit-sedikit tentang kereta Indonesia di zaman Belanda. Di waktu nelusuri foto-foto lain, saya langsung berenti di satu foto ini: kereta jenazah. Kereta di sini bener-bener kereta. Bukan cuma kiasan yang ada di zaman sekarang.

Kereta pengangkut jenazah ini cuma boleh dipake sama Keraton Solo
buat ngangkat jenazah dari Solo ke Yogyakarta.
Lokomotif C28 ini dulu yang mengantar KLB Soekarno
dari Jakarta ke Yogyakarta.

Ngambil gambarnya gimana, ya?


Stasiun Tangerang sebelum banyak ruko-ruko :")
Tiket kereta zaman dulu, masih Rp1000,-

Ini dia, diorama-diorama yang kewl nget.




Kekuatan super menghentikan kereta. ho ho
Dari beberapa foto yang saya liat di sana, dulu petugas-petugas kereta di Solo dan Yogyakarta pake baju adat Jawa. Kewl!


Mendadak Ragunan

Beruntung kami bertiga waktu itu ke Erasmus pagi-pagi. Banyak keuntungan kalo kita bangun pagi itu benar adanya. Lagian kalo bangun pagi, udaranya masih seger dan enak. Nah, keberuntungan itu yang nemplok di kami bertiga. Karena dateng pagi, kami jadi punya banyak waktu pergi ke tempat lain. Tapi karena rencananya cuma ke Erasmus, jadi kami malah bingung mau pergi ke mana.

Tiba-tiba Cesi berseru, "ke Ragunan, yuk!"
"Yah, gue nggak bawa sepatu lari," Erika si Google Sporty menanggapi.

Wah bener juga, tinggal naik Transjakarta bisa sampe ke sana. Akhirnya kami bertiga pergi juga ke sana. Cesi keliatan exited banget pengin ke pusat primata. Mungkin dia ngerasa deket sama primata. 

Sebagian besar dari kita pasti waktu kecil pernah ke kebun binatang, dan mudah-mudahan bukan cuma saya yang pas udah gede, lupa rasanya -_-

Saya juga ngerasa exited banget pengin ngeliat gajah dari deket. Mungkin kayak Cesi, saya ngerasa deket sama gajah...

Begitu bayar tiket, perhatian kami langsung ke mana-mana. Ada yang nyari primata, yang satu nyari gajah, dan yang satunya lagi merhatiin jogging track. 

Setelah sempet nyasar-nyasar banyak dikit, kami akhirnya bertemu si gajah. Yeah, gajah!

"lihat, belalaiku lebih panjang dari Bona!"

*puk-puk gajah*
Setelah yakin kalau saya ternyata memiliki ikatan batin dengan gajah, kami akhirnya meninggalkan kandang gajah. Satu hal yang saya lupa (lagi) dari ragunan adalah gedenya kebun binatang itu. Nyasar-nyasar dikit di awal masuk tadi ternyata jadi awal nyasar-nyasar heboh kami bertiga. 

Di tengah keinginan Cesi yang meluap-luap pengin liat si Otan, setiap liat kandang, kami malah penasaran pengin liat apa isinya dan bikin kami makin tambah nyasar.

Setiap beranjak dari satu kandang, pasti Cesi bilang, "yuk, liat Otan, yuk!" trus kami jalan, dan nggak lama salah satu dari kami pasti akan bilang, "Eh, itu apa, sih? Eh, liat dulu, yuk!" "Ayuk, ayuk!" trus nyasar.

Setelah muter-muter -dari semangat sampe lemah-, akhirnya....

Beleber.
"Woo nyasar woo, payah wooo!"
"I'm sexy and I know it."
"Apa lo liat-liat."
Muka bahagia ketemu Otan.
Akhirnya Cesi bertemu tambatan hatinya. Tapi semua nggak selesai di situ, kami juga penasaran mau liat harimau, macan tutul, dan Cesi sekarang mau jerapah. 

Bisa ditebak, kami nyasar lagi. Trus giliran mau nyari harimau, malah kandang para primata yang banyak jadinya.

Apa baiknya harimau jangan dicari, seperti jodoh? *kemudian bom meledak*

"Itu dia, itu harimau!" kami berseru.
Kandang harimau ini kandang yang paling luas dan ada goa-goa kecilnya gitu. Karena kami rencananya mau liat harimau lebih deket, jadilah kami nyamperin si Hari dari dari sudut yang paling deket. Tapi, pas udah mau nyampe ke sudut itu, dia malah masuk ke goa :")

Apa saya harus yakin jodoh pasti bertemu? *tetep*

Yaudahlah kami cari jerapah aja jadinya. Cuma butuh beberapa langkah, akhirnya kami tau kalo jerapah cuma binatang semu di Ragunan. Kecewa sekali, saudara-saudara.

Dari situ akhirnya kami muter-muter nggak jelas, liat buaya, lewatin kandang burung, liat beruang, dan binatang-binatang mainstream kebun binatang lainnya. 

Oh iya, daritadi sebenernya kami belum ke Pusat Primata, yang tadi cuma kandang-kandang Otan biasa. Kami lanjutin nyari misteri di mana Pusat Primata berada. Setelah nanya-nanya, akhirnya kami sampe juga. Seneng sih, tapi... mesti bayar lagi dan tasnya harus banget dititipin banget. Jadilah kami cuma duduk-duduk di depan pintu masuk sambil istirahatin kaki. Pegel banget, men.

Setelah tenaga kembali pulih, akhirnya kami mutusin buat pulang. Saya masih seneng bisa ketemu gajah dan teman-temannya. Sayangnya, banyak kandang yang nggak begitu keurus. Pengunjungnya juga masih banyak yang ngasih makan binatang di sana, walaupun udah ada papan larangannya.






No comments:

Post a Comment