Thursday, October 3, 2013

Jalan-jalan Sumatera V: Penantian Panjang

Setelah pamitan dari rumah Mak Tuo, saya dan kakek lanjut ke Pekanbaru naik travel. Itu artinya badan bengkok-bengkok lagi.

Saya berangkat dari Pesisir sekitar jam tujuh pagi, kalo gak salah. Waktu itu saya udah ngebayangin bakal jadi pepes macam apa nanti di travel, tapi ya sudahlah...

Saya dan kakek waktu itu ke pinggir jalan buat nunggu travel, bener-bener kayak nunggu angkot gitu, melambaikan tangan kalo ada mobil lewat. Nggak peduli itu travel apa mobil pribadi. Abis nggak ada bedanya :|

Setelah nunggu kira-kira 20 menitan akhirnya kami dapet travel, mobilnya kijang warna merah marun. 

Begitu saya masuk,

nggak ada asep rokok.

Tempat duduk lega. 

Wah :")

Saya seneng banget dan tidur dengan bahagia.

Tapi... kebahagiannya hanya sementara...

Begitu sampe Padang kota, tidur bahagia saya buyar begitu kakek ngebangunin.

"Ta, udah sampe, nih. Kita ganti travel," kata kakek.

Apah? Ganti travel? Jadi kebahagiaan ini hanya semu semata? 

Tidak, ini tidak mungkin terjadi...

Kakek ternyata nggak bilang kalo harus ganti travel di Padang, dan ternyata travelnya baru ada jam 7 malem. Waktu itu jam sepuluhan.

Gila. Mau gelantungan di mana delapan jam begitu.

Perut yang kerobokan *Sundanise Alert* akhirnya nuntun kami ke rumah makan deket agen travel. Saya makan dengan lahap. Makanannya enak banget. Waktu itu saya makan Soto Padang, itu kali pertama saya nyobain. Norak gitu.

Setelah selesai makan, saya dan kakek malah bengong. Kami hilang arah...

Setelah sadar kalo kami kelamaan bengong, akhirnya kakek ngajakin pergi. Beliau ngajak ke pasar, mau beli celana pendek katanya. Oiya bener juga, saya juga butuh tambahan celana buat tidur. Akhirnya kami mulai ngacak-ngacak pasar di sana.

Pegel. Pasarnya luas juga ternyata. Sambil jalan saya ngambil ponsel saya mau liat jam, dan ternyata masih jam satu. Kaki udah pegel banget nggak tahan mau istirahat. Setelah jalan tanpa arah, tiba-tiba saya punya ide yang boros: cari tempat penginapan harian. 

Awalnya kakek saya agak ragu, karena bakal ditempatin cuma bentar, sayang aja gitu. Tapi mungkin karena ngeliat muka saya yang nggak karuan akhirnya dia luluh juga.

Kami sempet keluar masuk tempat penginapan, nyari yang paling murah, dan viola! dapet.

Namanya Hotel Persamaan. Ya, karena murah, fasilitas juga seadanya. Tapi karena lagi capek banget, kasur yang tipis banget itu rasanya nyaman banget. Saya langsung tidur dan jadi kerbau selama empat jam. Kakek saya waktu sih katanya keluar nonton tv yang disediain di ruang registrasi.



Jam enam. Kami siap-siap ke tempat travel yang lumayan jauh dari situ. Sempet nyasar lagi. Untung kami tetep (pura-pura) cool

Setelah muter-muter cool, kami berhasil nemuin tempat si agen travel. Begitu sampe, si uninya udah langsung bilang, "Pak, jadinya berangkat jam delapan, ya." 

Huah.

Peraturan si Agen Travel

Bosen. Nggak tau lagi mau ngapain. Akhirnya saya cuma foto-fotoin mobil lewat.

Jam delapan. Belum juga dateng mobil travelnya.

Jam sembilan. Belum ada tanda-tanda. 

... dan jam sepuluh. Akhirnya. Datang. Juga.

Penantian yang sangat panjang, Saudara-saudara.

Biasanya penantian panjang itu berbuah manis, tapi buah saya asem. Saya dapet tempat duduk di pojok belakang dan sebelah saya badannya tiga kali dari saya. 

Saya? Kembali bengkok-bengkok, kali ini ditambah kesemutan.






1 comment: